• RSS Tulisan Terbaru

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Sebuah Pemikiran Untuk Organisasi Alumni Al Falah

Kerinduan alumni dan eks terutama yang sudah beberapa tahun meninggalkan Al Falah semakin memuncak. Kerinduan ini tidak akan terobati jika hanya berkumpul dalam satu acara semisal reuni atau mengahadiri acara tahunan di pondok pesantren Al Falah. Perlu ada kegiatan yang menajadikan alumni dan eks akan merasakan kehangatan kebersamaan saat itu, kembali lagi.

Organisasi Alumni IKPF (Ikatan Keluarga Pesantren Al Falah) sudah kehilangn ruh kebesarannya, serta FOKSA (Forum Komunikasi Santri Al Falah) yang di anggap masih eksis pun dirasakan sebagain besar Alumni dan Eks masih kurang mengayomi alumni. Penilain sepintas mereka, FOKSA hanya untuk alumni yang berada di IAIN dan bukan diperuntukkan untuk yang lainnya, sehingga rasa enggan dan rasa tidak memiliki pun menjadi hal yang lumrah. Siapa yang salah? apakah kita yang kurang aktif jemput bola; mendukung, memantau, dan berperan aktif? atau kah kepengurusannya yang masih harus banyak belajar menjadi nahkoda?, tentu bukan saling menyalahkan yang kita inginkan. Yang kita butuhkan adalah gerakan… actions.

Sebagian alumni lain yang juga merindukan kebersamaan itu, mengusulkan untuk membentuk organisasi baru. Tentu ini bukan solusi yang tepat, dan malah akan menjadikan alumni tercerai berai, berpetak2, dan tentu kehangatan itu tidak akan terjadi lagi; hanya menjadi kenangan yang cukup diceritakan untuk cucu kita. Sebagian lain mengusulkan agar merombak habis-habisan FOKSA atau IKPF, dan maih banyak pendapat-pendapat lainnya.

Sepertinya kita perlu berdiskusi atas nama seluruh alumni dan eks untuk menentukan jalan mana yang lebih sedikit salahnya. Tidak masalah, pengurusnya siapa, alumni tahun berapa, posisi dimana, umurnya berapa, statusnya apa, dan sebagainya, yang penting punya program yang jelas mampu menggandeng seluruh lapisan alumni dan eks, sehingga bisa berjalan bersama; seia sekata.

Saya punya pemikiran, entah siapa yang menjalankannya nanti –mudah-mudahan FOKSA punya pemikiran yang sama–, yang jelas ini adalah sebuah pemikiran untuk menjawab kerinduan alumni dan eks Al Falah Banjarbaru. Sebelumnya, saya ingin bercerita. Saya punya organisasi alumni, eks, dan santri aktif tingkat daerah, tepatnya di Tanah Laut (IKBPA) yang sudah aktif melaksanakan kegiatan Safari Ramdhan Sejak sembilan tahun lalu dari desa kedesa dan melibatkan semua alumni, eks, dan santri aktif yang berdomisili di kabupaten tanah laut. Acara ini dilaksankan oleh santri aktif sebagai pembelajaran langsung dan dibimbing oleh alumni dan eks. Semua dengan kesadaran tinggi dari hati masing2 akan hadir pada acara penutupan sebagai bukti dukungan terhadap para jonior.

Maksud saya, alangkah besarnya FOKSA sebagai organisasi alumni dan eks jika mampu mengkoordinir pelaksanaan safari ramadhan ini di 13 kabupaten kota di kalimantan selatan tahun depan. Satu kabupaten cukup satu saja. Pelaksana lapangan adalah santri aktif yang bergerak atas nama organisasi daerah masing2. Pendanaan, surat-menyurat dan izin ditangani oleh FOKSA. Saya kira ini akan menjadi sumbangan terbaik bagi masyarakat yang selama ini belum merasakan manfaat pondok pesantren Al Falah secara lembaga. Sebagai langkah awal, untuk itu semua, mari kita kuatkan barisan. Satukan hati, tanpa merasa lebih rendah atau lebih tinggi dari yang lainnya, bergabunglah di JARINGAN AL FALAH INDONESIA.

JFI bukan organisasi tandingan, tetapi mendukung sepenuhnya kepada organisasi alumni yang telah ada untuk mengarahkan kami para alumni menjadi satu. Anda semua diundang untuk turut ambil bagian sebagai keluarga besar Al Falah; alumni, eks, dan santri aktif.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: