• RSS Tulisan Terbaru

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Iblis Masuk Syurga Lagi?

Tujuh Tahun aku memakan bangku dan kursi pondok serta menggerogoti selemari kitab kuning, ditambah 5 tahun masa kuliah di perguruan tinggi agama islam, berkecimpung didunia pendidikan dan pemikiran2 islam, rasanya tidak pantas untuk tidak bisa menjawab pertanyaan dari seorang anak kecil yang baru berusia 11 tahun dan duduk di kelas 6 SD. Tapi kenyataannya memang demikian, aku tidak bisa menjawabnya bahkan sampai saat ini.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut sering diluar dugaan, dan biasanya ku jawab seadanya yang kadang2 ga nyambung, skedar tidak ingin dikalahkan. Tapi kali ini aku memang tidak bisa menjawabnya sama sekali. Apa pertanyaannya?.

Iblis diusir dari Syurga, tapi mengapa bisa menggoda nabi adam dan hawa yang berada disyurga?. Ini menandakan Iblis bisa keluar masuk syurga seenaknya dan menggoda orang yang ada didalamnya.

Aku berpendapat Islam itu rasional bahkan dalam hal keimanan sekalipun,  makanya dalam Ilmu Tauhid dalil yang utama yang digunakan adalah dalil aqli baru dalil naqli. Untuk permasalahan ini pun pasti ada jawaban yang rasional, seperti pertanyaan-pertanyaan lain yang sudah terjawab semisal: mengapa iblis yang terbuat dari api dihukum dengan api pula.

Tulisan yang sama dengan judul yang berbeda pernah diposting pada Komunitas Blogger Al Falah; kontra24.org dan selah satu teman berpendapat:

Sewaktu iblis di usir dari surga, dia tidak bisa masuk kembali karena telah diusir, namun ada satu mahluk Allah SWT yang bisa masuk dan keluar dari surga, yaitu ular yang mempunyai kaki. Setelah iblis berpikir – pikir, maka ia mendapatkan sebuah cara untuk menggoda Nabi Adam as dan Hawa melalui ular berkaki tersebut.
Awalnya iblis menggoda ular tersebut entah dengan iming – iming apa, yang jelas ular itu mau dan masuk kembali ke surga untuk menggoda Nabi Adam as,namun karena iman Nabi Adam yang kuat, maka ular itu menyerah,tapi tak hanya Nabi Adam as saja yang digoda, lalu ular berkaki tadi menuju kepada Hawa,karena laki – laki akan lemah oleh perempuan, apa lag yang disayang.
Karena Hawa termakan bujuk rayu ular yang disuruh iblis tadi,maka apa bleh buat, dia juga mengajak Nabi Adam as untuk memakan buah khuldi,awalnya yah Nabi Adam as tidak mau,hingga yang ketiga kalinya, Nabi Adam as mau menuruti ajakan istrinya. Karena Mereka berdua makan buah itu,maka malaikat datang dan langsung memegangi gulu Nabi Adam as sebelum buah itu jatuh ke perut,dan jadi deh jakun,begitu pula Hawa,berhubung Dia sudah duluan makan, jadinya sudah sampai dada,yah jadinya tuh gunung dua.
setelah itu maka mereka berdua pun diturunkan ke dunia,yah sampai kita ketahui kisahnya. Lalu bagaimana dengan ular berkaki?,ular tersebut dikutuk oleh Allah SWT karena membantu iblis menggoda Nabi Adam as, yaitu kakinya dihilangkan, sehingga ular tersebut tidak memiliki kaki seperti apa yang kita lihat pada masa kini.

Hanya ini yang agak sedikit bisa menjawab, setidaknya jawaban ini bisa dipergunakan untuk anak kecil dan bukan dikalangan akademis. Pada tulisan kali ini, yang punya jawaban lain, komen di bawah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: