• RSS Tulisan Terbaru

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Tidak Percaya Kiamat 2012, Syirik!?

Percaya pada hari akhir atau kiamat adalah salah satu rukun iman yang wajib diimani seperti rukun iman lainnya. Bahkan Quraisy Syihab menyebutkan bahwa iman kepada hari kiamat adalah rukun iman yang paling utama sesudah Iman Kepada Allah SWT, karena dua rukun iman inilah yang paling sering disbutkan di dalam Aal-Qur`an (Lihat: Wawasan Al-Quran, h.80). Lalu bagaimana cara kita mengimani hari kiamat?.

Beriman kepada Hari Akhir artinya meyakini dengan teguh apa yang diberitakan oleh Allah dalam kitabNya dan apa yang disampaikan oleh Rasulullah saw dalam haditsnya terkait dengan peristiwa yang terjadi sesudah mati, mulai fitnah kubur, azab dan nikmat kubur dan seterusnya sampai surga dan neraka.

Tidak ada yang mengetahui kapan akan kiamat, entah 1000 tahun, 20 tahun lagi, atau bisa juga besok, bahkan sekarang juga. Karena itulah kiamat merupakan rukun iman (kepercayaan). Allah berfirman:

“Telah dekat terjadinya Hari Kiamat. Tidak ada yang akan menyatakan terjadinya hari itu selain Allah” (Q.S an-Najm : 57-58)

FirmanNya lagi:

Mereka menanyakan kepadamu tentang hari akhir : “Kapankah terjadinya ?”. Katakanlah:”Sesungguhnya pengetahuan tentang itu ada pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat bagi yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah:”Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Tuhan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”. (QS AL-A’raaf :187)

Karena tidak ada yang mengetahui kapan datangnya, maka tidak pantas bagi kita untuk mengatakan bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012 atau mengatakan kiamat tidak akan terjadi pada tahun 2012 tersebut. Jika kita katakan bahwa kiamat akan terjadi pada 2012, maka kita sudah merasa lebih tahu dari Allah dan itu termasuk syirik. Begitupun jika kita mengatakan bahwa kiamat tidak akan terjadi di tahun 2012, berarti kita sudah merasa tahu dari Allah.

Kesimpulannya, percaya atau tidak percaya kiamat pada tahun 2012 adalah syirik, karena hanya Allah yang mengetahui akan terjadi atau tidak akan terjadinya kiamat.

Jika demikian, maka kita tidak berhak mengatakan bahwa 2012 akan terjadi atau tidak terjadi kiamat. Kita hanya bisa mengimani bahwa kiamat itu akan terjadi dan titik.

Iklan

5 Tanggapan

  1. Aq sih pasrah az ama yg di atas…

  2. wah,,ne bisnis kayanya,,ikut ngetren juga ahk diblog keren ini,,dan sapapun yang ada disini,mampir ya digubuk aku,,jangan lupa beri komentarnya juga,,ditunggu,,thanks

  3. yeahh..that’s true..I support you..can i copy this..tq.:D

  4. Allahualam.
    Pasrah aja sama Allah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: