• RSS Tulisan Terbaru

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Mendengarkan Pemikiran Seorang Nominator Menteri Sosial Tentang Kesejahteraan Masyarakat

Setelah rapat koordinasi pemberdayaan masyarakat tadi siang 7/3/11, saya sempat diskusi panjang lebar tentang kesejahteraan masyarakat dengan seorang nominator menteri sosial dalam kabinet pemerintahan SBY jilid II yang sebentar lagi akan di reshuffle, nama beliau Iskandar Sembiring –bukan saudaranya Tifatul Sembiring–  atau kami sering memanggil beliau dengan sebutan Bang Is.

Terlalu banyak pemikiran-pemikiran cerdas bang Is untuk mensejahterakan bangsa ini, salah satunya kritik beliau terhadap Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM Mandiri) yang sangat dielu-elukan oleh pemerintahan saat ini.

“saya tidak menolak programnya, tapi dana yang dikeluarkan untuk PNPM adalah hutang luar negeri yang jumlahnya tidak sedikit. Hutang ini akan ditanggung oleh anak cucu kita hingga puluhan tahun yang akan datang, sementara dana yang dikucurkan bukannya dapat mensejahterakan masyarakat miskin, tetapi hampir habis untuk membayar konsultan dan pelaksana-pelaksana lainnya, sehingga yang sampai ke masyarakat hanya tinggal sedikit, dan itupun tidak digunakan sepenuhnya untuk memberdayakan masyarakat (baca: konsumtif)”

Saya sudah sarankan, mari kita manfaatkan dana yang ada di Indonesia yang jumlahnya tidak kalah banyak dengan hutang itu, yaitu dana Community development (CD) ribuan perusahaan di Indonesia.

Bang Is memang sangat berpengalaman dibidang pemberdayaan masyarakat, jadi wajar jika beliau punya solusi terhadap permasalahan kemiskinan negeri ini dan mengerti teknis pelaksanaannya.

Saya bukan orang yang pandai mempromosikan, tapi saya dukung beliau untuk menjadi Menteri Sosial pada reshuffle kali ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: