• RSS Tulisan Terbaru

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Pengertian kurikulum

Secara Etimologis kurikulum berasal dari bahasa latin (Yunani) yaitu asal dari kata currir yang artinya pelari, dan curere artinya tempat berpacu. Pengertian tersebut jelas merupakan pengertian dalam bidang olahraga, karena sejak zaman dahulu bangsa Yunani menyenangi olahraga.

Mengambil makna dari pengertian tersebut di atas, maka kurikulum dalam bidang pendidikan diartikan sebagai sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh atau diselesaikan anak didik untuk memperoleh ijazah, rumusan inilah yang menjadi pengertian kurikulum pertama digunakan dalam bidang pendidikan. Kemudian banyak para ahli yang mengemukakan defenisi kurikulum, antara lain:

1)      J. Galen Saylor dan William Alexander yang mengemukakan bahwa kurikulum meliputi segala pengalaman yang disajikan oleh sekolah agar anak mencapai tujuan yang diinginkan.

2)      Harold Alberty cs. Mengemukakan bahwa kurikulum dimaksudkan segala kegiatan yang disajikan oleh sekolah bagi siswa.

3)      William B. Regan mengemukakan bahwa kurikulum dapat dipandang sebagai dari kehidupan anak  di bawah bimbingan sekolah yang diatur secara khusus untuk tujuan tertentu.

Menurut Undang-undang no.11 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional,

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang dipergunakan sebagai pedoman  penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.

 

Dengan demikian pengertian kurikulum disini meliputi semua kegiatan, baik kegiatan intrakurikuler, kurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler. Ini berarti kurikulum direncanakan bukan hanya sekedar untuk menambah pengetahuan dan mengembangkan anak, melainkan lebih merupakan masaalah perbaikan dan peningkatan mutu kehidupan anak dalam bermasyarakat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: