• RSS Tulisan Terbaru

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK

A. Pengertian Perkembangan Sosial Anak TK

Menurut Hurlock (Sujanto, 1996: 38) perkembangan sosial usia prasekolah berarti perolehan kemampuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial. Kemampuan anak menyesuaikan diri dalam lingkungan TK memerlukan tiga proses yaitu; 1) belajar berperilaku yang dapat diterima secara sosial, 2) memainkan peran sosial yang dapat diterima, 3) perkembangan sosial untuk bergaul dengan baik.

 

B.     Karakteristik Perkembangan Sosial Anak TK

Sebagaimana perubahan pada fisik dan kognitif, anak mengalami perubahan pada kepribadiannya. Terdapat beberapa macam pendekatan tentang hal ini, yaitu pendekatan psikoanalisis klasik yang meliputi pendekatan Freudian maupun neo-Freudian. “Pendekatan psikoanalisis klasik ini lebih menekankan pada aspek psikoseksual seorang individu, di mana perkembangan yang terjadi digerakkan yang mempengaruhi tiga komponen kepribadian yaitu ego, id dan superego” (Pudjosuwano, 1984: 56).

Pendekatan yang kedua adalah pendekatan interpersonal, di mana individu dilihat sebagai suatu makhluk sosial yang dibentuk oleh lingkungan budaya dan interpersonal. Perkembangan sosial seseorang dilihat pada interaksi yang terjadi antara individu yang sedang berkembang dengan teman sebaya, orang tua, sahabat, musuh, dan masyarakat sekitar. Interaksi yang terjadi merupakan suatu pertukaran cinta, kasih sayang dan perhatian.

Pendekatan yang ketiga adalah pendekatan epigenesis, di mana tahapan perkembangan yang terjadi tidak berdiri sendiri-sendiri, namun tahapan perkembangan sebelumnya menjadi fondasi bagi tahapan perkembangan berikutnya.

Menurut Snowman (Sunarti, 2001: 40) mengemukakan ciri-ciri usia prasekolah di TK meliputi 1) Umumnya anak pada usia ini memiliki teman satu atau dua sahabat, tetapi cepat tergant, 2) kelompok bermain cenderung lebih kecil, 3) Anak yang lebih muda sering kali bermain bersebelahan dengan anak yang lebih besar, 4) pola bermain yang variatif sesuai dengan kelas sosial dan gender. 5) telah menyadari pesan jenis kelamin.

C.    Pola Perkembangan Sosial Anak Tk

“Aktivatas kehidupan anak pada tingkat perkembangan sosial usia prasekolah yang berlangsung antara umur lima sampai dengan enam tahun”(Sujanto, 1996: 40). Kebanyakan bukan lagi dalam rumah bersama orangtua dan saudara-saudaranya, tetapi di luar rumah dengan teman sebaya dan bahkan dengan orang dewasa lainnya. Pada saat ini anak akan memasuki sekolah, oleh karena itu, hubungan sosial dengan teman sebaya makin bertambah luas.

Pada masa ini perhatian anak terhadap teman sebaya sangat tinggi. Anak sangat membutuhkan untuk diterima oleh kelompok teman sebaya, terutama kelompok yang dipandang bergengsi.

D.    Faktor-faktor yang mempengaruhi Perkembangan Sosial Anak TK

  1. Fakto Pendukung

Menurut Sunarti (2001: 48) bahwa faktor pendukung perkembangan sosial usia prasekolah yaitu; 1) sifat altruistik, 2) Kesadaran tentang diri sendiri dan orang lain.

a.       Sifat Altruistik

Sifat altruistik adalah gejala tingkah laku di mana anak lebih cenderung mengutamakan kepentingan orang lain daripada kepentingan diri sendiri atau menyayangi orang lain terutama yang lemah atau binatang.

b.      Kesadaran tentang diri sendiri dan orang lain

Aspek penting lainnya yang dimiliki anak untuk mengembangkan tingkah laku sosialnya adalah timbulnya kesadaran dalam memahami suasana hati orang lain. Kesadaran akan memahami orang lain ini dikuasai karena dalam diri anak telah tumbuh kemampuan untuk empati  dan role taking.

  1. Faktor Penghambat

Menurut Sunarti (2001: 54) bahwa “kecenderungan bawaan dapat menimbulkan kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan harapan sosial. seorang anak laki-laki dengan tubuh yang kecil dan otot yang lemah tidak mampu menyesuaikan diri dalam suatu budaya yang menganggap ideal tubuh yang sempurna sperti atlit.

 

 

Iklan

Satu Tanggapan

  1. minta daftar pustakanya donk?
    kalo ada boleh minta contoh skripsi tentang pola asuh org tua thdp perkembangan sosial anak..makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: